MU menuju ROMA

Posted: 6 Mei 2009 in Seputar Dunia Olahraga
Tag:

LONDON, KOMPAS.com — Manchester United memastikan satu tempat di babak final Liga Champions seusai membungkam Arsenal 3-1 (agregat 4-1) pada leg kedua semifinal, Selasa (5/5). Sayang, sukses MU ini harus dibayar mahal menyusul kartu merah yang diterima Darren Fletcher di menit ke-74.

Meski menguasai permainan di menit-menit awal, Arsenal malah kecolongan oleh gol Park di menit ke-8. Dalam sebuah serangan balik, Ronaldo melepas umpan ke tengah kotak penalti Arsenal. Park berhasil menjangkau bola dan melepaskannya ke sudut kiri bawah gawang Manuel Almunia.

MU hanya membutuhkan tiga menit untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui Ronaldo. Mendapat kesempatan tendangan bebas, Ronaldo menembakkan bola langsung ke sudut kiri bawah kotak penalti. Almunia bisa membaca arah bola. Namun, gerakannya kalah cepat dari bola.

Pada menit ke-17, Wayne Rooney nyaris menambah keunggulan “The Red Devils”. Dari luar kotak penalti, Rooney melepas tembakan ke gawang. Kali ini, tepisan tangan kiri Almunia berhasil membelokkan bola keluar lapangan.

Masih dalam keadaan tertinggal 0-2, Arsenal terus menyerang. Namun, rapatnya benteng MU menyulitkan Cesc Fabregas dkk membangun serangan lewat tengah. Hingga menit ke-30, Arsenal mengandalkan umpan silang ke tengah kotak penalti untuk membuka peluang gol. Sayangnya, usaha ini selalu berhasil dikandaskan Edwin van der Sar dan Rio Ferdinand.

MU sendiri berusaha melambatkan tempo dengan memainkan penguasaan bola. Walau beberapa kali menyelipkan serangan, MU tetap fokus dengan pertahanan. Koordinasi dan komunikasi antara Ferdinand dan Nemanja Vidic berhasil menjaga keperawanan gawang hingga akhir babak pertama. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Arsenal menaikkan tempo permainan. Masuknya Emmanuel Eboue menggantikan Kieran Gibbs meningkatkan agresivitas Arsenal di sektor kiri. MU pun sempat dikejutkan oleh gaya permainan gebrakan lawan di awal paruh kedua meski hal itu hanya berlangsung sementara.

Begitu mengambil alih kendali, MU langsung membuat peluang emas di menit ke-52. Dari sisi kanan, Ronaldo menggiring bola ke arah kotak penalti. Tembakannya ditepis oleh Almunia.

Gagal dengan serangan itu, “Setan Merah” berkaus biru itu cepat menyusun pertahanan dan menyiapkan serangan balik. Cara ini benar-benar memancing lawan dan Arsenal pun mendapat ganjarannya di menit ke-61.

Setelah menerima umpan jauh dari Park, Rooney merayap di sisi kiri, lantas mengirim umpan terukur kepada Ronaldo di sisi seberang. Tanpa pengawalan berarti, Ronaldo mengempaskan bola ke bagian atas gawang Almunia.

Seusai membobol gawang lawan, MU mundur teratur menguatkan barisan belakang. Arsenal kembali diberi keleluasaan menyerang. Sayang, tuan rumah belum menemukan kunci pembuka benteng Rio Ferdinand dkk.

Tak mendapat peluang dari bola hidup, “Meriam London” memperoleh hadiah penalti pada menit ke-76, menyusul pelanggaran Fletcher kepada Fabregas. Pelanggaran itu juga berbuah kartu merah bagi Fletcher.

Robin van Persie yang dipercaya menjadi algojo berhasil menaklukkan Van der Sar. Tembakan kaki kanannya bersarang di sudut kanan atas gawang. Arsenal menipiskan selisih menjadi 1-3.

Bisa membalas satu gol, Arsenal mempertahankan tensi gempuran. Memasuki menit ke-85, Fabregas mendapat kesempatan untuk menambah gol. Sayang, ia tidak siap menerima bola dari Nicklas Bentner. Van der Sar pun mudah menguasai bola. Sampai bubar, “The Gunners” kesulitan membongkar permainan MU.

Susunan pemain:
Arsenal:
Almunia; Sagna, Toure, Djourou, Gibbs (Eboue 46); Fabregas, Walcott (Bendtner 63), Nasri, Song; Van Persie (Vela 79), Adebayor.
Man. United: Van der Sar; O’Shea, Ferdinand, Vidic, Evra (Rafael 65); Ronaldo, Fletcher, Carrick, Anderson (Giggs 63), Park; Rooney (Berbatov 66).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s